24 Juni 2018

7 Tempat Wisata Pesiar Vltava di Praha, Cekoslowakia

7 Tempat Wisata Pesiar Vltava di Praha, Cekoslowakia

Tempat Wisata Keren - Panduan lengkap wisata pesiar (cruise) di sungai Vltava, Praha (Prague). Seperti halnya ke Paris ataupun London, jalan-jalan ke Praha pun tak akan lengkap tanpa melakukan pesiar menelusuri sungainya. Di Praha, wisata pesiar menelusuri sungai Vltava adalah salah satu agenda wajib turis maupun wisatawan selama jalan-jalan di kota ini. Namun dari sekian banyaknya pilihan wisata pesiar yang ada, mana yang sebaiknya Anda pilih?

Sudah bukan rahasia lagi jika berwisata pesiar menelusuri sungai atau kanal menjadi salah satu cara terbaik untuk menjelajahi sebuah kota, khususnya kota-kota besar di Eropa yang sebagian besar bangunan pentingnya terkonsentrasi dan berada di seputaran sungai. Di kota-kota seperti Paris, London, Amsterdam, Venice, hingga Giethoorn, wisata pesiar sungai dan kanal adalah kegiatan wisata yang selalu diminati  oleh wisatawan. 

Tak hanya menawarkan pemandangan kota dari perspektif atau sudut pandang yang berbeda, perahu pesiar juga bisa membawa Anda melihat tempat-tempat 'tersembunyi' yang mungkin tidak akan pernah kita ketahui jika tidak naik perahu pesiar. Cara ini juga dinilai sebagai pengalaman yang unik dan romantis. Karena jalan-jalan di darat mungkin sesuatu yang sudah biasa kita lakukan, tapi berlayar disungai kan tidak bisa kita lakukan setiap hari.

Selain itu, 'jalan-jalan' dengan perahu pesiar juga nyaman dan praktis, karena bisa melihat highlight sebuah kota hanya dengan sekali jalan dan duduk santai di atas kapal. Tinggal duduk manis dan pemandangan kota yang indahpun akan menyapa Anda silih berganti. Hal ini juga berlaku jika Anda ikut wisata pesiar di Praha. Anda bisa bebas pilih jam jalan-jalan yang anda mau, baik pagi, siang, sore, ataupun malam hari. Dengan naik perahu pesiar, Anda akan dibawa menjelajahi pusat bersejarah kota Praha melalui air dan melihat sisi lain kota ini. 

elbis boat prague vltava cruise

Jika Anda sudah melihat bangunan-bangunan terkenal seperti Kastil Praha, Charles Bridge, Vysehrad, Dancing House, dsb dari darat, maka kali ini Anda akan melihatnya dari sudut pandang yang berbeda. Bangunan-bangunan ini akan nampak lebih 'agung' jika dilihat dari sudut pandang yang lebih rendah seperti dari sungai. Anda juga akan dibawa melintasi ceruk-ceruk dan bagian bawah jembatan, melintas dekat pulau, dan bahkan menelusuri kanal sempit yang tidak bisa Anda lakukan jika jalan-jalan melalui darat.

Nah jika Anda juga tertarik untuk naik perahu pesiar di Praha namun bingung atau belum dapat info, tenang, karena disini sudah saya rangkumkan semua info yang Anda butuhkan. Anda tinggal baca, putuskan pilihan, dan langsung melompat ke perahu pesiar. Tak perlu lagi ribet cari info kesana kemari dan pusing dengan banyaknya layanan pesiar sungai Vlatva yang tersedia. Karena di Praha banyak sekali website yang menawarkan layanan wisata pesiar dan kebanyakan memakai nama umum yang terlihat seperti ‘official’ atau ‘resmi’ seperti prague-cruise, vltava-cruise, dsb. Berbeda dengan layanan tur pesiar di Paris yang sudah jelas operatornya antara yang satu dan yang lain, dan tidak memakai nama umum. 

Karena itu, untuk yang baru akan berwisata pesiar di Praha, perlu jeli mencari info. Jangan sampai pengalaman pertama naik perahu pesiar di Praha menjadi pengalaman yang tak mengenakan serta buang-buang waktu dan uang. Apalagi jadi malas atau bahkan ‘trauma’ untuk mencoba lagi :). Memang bisa jadi pengalaman dan pembelajaran, tapi kalau bisa mendapat pengalaman pertama yang mengesankan dan memuaskan kenapa harus repot-repot punya pengalaman buruk? ;) 

Nah, kalau baca info berikut ini, Anda tak perlu lagi buang-buang waktu untuk berpusing-pusing ria, atau buang-buang uang untuk belajar dari pengalaman buruk :p. Biarlah kami yang bersusah-susah dulu, dan Anda tinggal bersenang-senang kemudian :). Baik kan? Ok langsung saja, berikut daftar tour pesiar sungai Vltava terbaik di Praha, Republik Ceko. Layanan ini kebanyakan ditawarkan oleh 2 operator perahu pesiar terbesar dan terpercaya di Praha, yaitu EVD (Evropska Vodni Doprava atau Prague-Boats) dan PPS (Pražská Paroplavební Společnost atau Praguesteamboats). Untuk wisata Prague Venice, saya pilihkan dari operator yang paling terkenal dan favorit. Cek(o) it out! ;)

1. Wisata Pesiar Biasa

Best Prague vltava cruise

Tak selamanya naik kapal pesiar harus selalu bayar juga untuk paket dinner. Bagi yang ingin sekedar pelesir saja, wisata pesiar ini adalah pilihan yang tepat. Meskipun tanpa paket dinner, Anda bisa membeli aneka minuman dan makanan kecil yang tersedia di atas kapal. Tersedia penjelasan selama tur. Wisata pesiar biasa ada 2 pilihan; 1 jam dan 2 jam. 

Wisata Pesiar Biasa 1 jam
Lama tur: 50 menit 
Harga tiket: 
Dewasa: 240 Czech Koruna 
Anak-anak: 120 Czech Koruna 
(Dapatkan diskon 10% dengan bayar dan booking online di sini) 
Jam Keberangkatan: 
15 Maret – 3 November: Setiap hari, pkl 10.00-21.00*, setiap jamnya 
5 November – 14 Maret: Setiap hari, pkl 11.00 – 19.00, setiap jamnya 
* Khusus 1 Mei – 30 September jam berlayar sampai Pkl 22.00

Wisata Pesiar Biasa 1,5 jam
Lama tur: 90 menit 
Haraga Tiket: 
Dewasa: 310 Czech Koruna
Anak-anak: 160 Czech Koruna
Info dan booking via email: pps@paroplavba.cz

Wisata Pesiar Biasa 2 jam 
Lama tur: 120 menit 
Harga tiket: 
Dewasa 350 Czech Koruna 
Anak-anak 270 Czech Koruna 
(Dapatkan diskon 10% dengan bayar dan booking online di sini) 
Jam Keberangkatan:
15 Maret – 3 November: Setiap hari, setiap Pkl 15.00 dan 16.30 
5 November – 14 Maret: Setiap hari, setiap pkl 15.00 

2. Wisata Pesiar “Prague Venice”

Prague venice vltava cruise

Wisata pesiar “Prague Venice” cocok bagi Anda yang menginginkan sesuatu yang berbeda. Dengan ikut tur ini, Anda akan dibawa dengan perahu kayu kecil bergaya klasik menelusuri Venice ala kota Praha, melalui sungai Vlatva dan seluk beluk kanal Devil’s Stream. Devil’s Stream adalah kanal kecil yang memisahkan Pulau Kampa dan Lesser Town di pusat kota Praha. 

Sambil berlayar, Anda bisa melihat bangunan-bangunan menarik yang mengapit kanal, dan ceruk-ceruk bawah jembatan serta tangga tepi sungai dan kanal. Terdapat juga penjelasan selama pesiar dan beberapa menyediakan snack gratis. Anda juga akan dibawa melihat kincir air tua yang beroperasi di Devil’s Stream. Kalau Anda tak tertarik dengan tur pesiar lainnya, setidaknya Anda harus ikut pesiar yang satu ini. Karena tur ini menawarkan pemandangan sisi lain kota Praha yang tak biasa, yang mungkin tidak akan kita lihat jika tidak ikut pesiar. Wisata pesiar ini juga akan membawa Anda ke bagian-bagian yang tak bisa dilalui oleh perahu pesiar besar biasa.

* "Prague Venice" dari Prague Venice company (Pražské Benátky)

Prague venice cruise vodouch boat

Prague venice cruise boat

Prague Venice boat trips

Prague Venice Boat Trips cruise

Lama tur: 45 menit 
Perahu: Vodouch (kapasitas 32 orang)
Harga tiket: 
Dewasa: 290 Czech Koruna
Anak-anak: 145 Czech Koruna 
Harga tiket termasuk: minuman seperti kopi, teh, soda, bir dingin, atau wine hangat; dan roti jahe (atau es krim pada musim panas)
Jam Keberangkatan: Setiap hari, setiap 1 jam sekali
Oktober - Maret: Pkl 10.30 - 17.00
April - Juni: Pkl 10.30 - 19.00
Juli - Agustus: Pkl 10.30 - 21.30
September: Pkl 10.30 - 19.00

Alamat dan tempat keberangkatan: 
- Dok Judita. Berada di dekat sisa lengkungan jembatan Judith Bridge, tepat di bawah Křížovnické náměstí, Old Town.
- Dok Certovka (Devil's Stream). Berada dekat mulut kanal Devil's Stream di bawah jembatan Charles Bridge, Lesser Town.
- Dok Four Seasons hotel di ujung barat Platnéřská
- Dok di ujung barat Mánes Bridge (sisi Lesser Town).
Email: info@prague-venice.cz

"Prague Venice" dari EVD

Prague-boats Prague Venice boat

Lama tur: 45 menit
Harga tiket: 
Dewasa: 290 Czech Koruna 
Anak-anak: 190 Czech Koruna 
Jam Keberangkatan: Setiap ada penumpang, min. 1 orang (akhir Maret - November)
Booking via email: evd@paroplavba.cz

3. Wisata Pesiar Biasa dari Pulau Kampa, Praha
Lama tur: 60 menit 
Harga tiket: 
Dewasa 220 Czech Koruna 
Anak-anak 110 Czech Koruna 
Tempat Keberangkatan: Kampa Island di bawah Charles Bridge
Booking via email: pps@paroplavba.cz

4. Wisata Pesiar Biasa 1 jam (Harga Spesial)
Lama tur: 1 jam
Harga tiket: 
Dewasa: 190 Czech Koruna
Anak-anak: 95 Czech Koruna
Jam Keberangkatan: 12:00, 15:00, 16:00
Tempat Keberangkatan: Dvořák Embankment (Dvořákovo nábřeží) dekat St. Agnes' Convent
Lewat cruise-prague kita juga bisa booking pesiar naik perahu "Blatouch" dan "Elbis". Info: info@cruise-prague.co.uk

Wisata pesiar sungai Vltava Praha

Wisata pesiar sungai vltava praha

5. Wisata Pesiar + Dessert 

Prague cruise with dessert

Menjelang makan siang atau waktunya ngemil sore? Daripada duduk diam di hotel, kedai, cafe, atau restauran, mending ikut tur wisata pesiar plus dessert menelusuri sungai Vlatva di Praha. Sambil menikmati secangkir kopi dan cake lezat, Anda bisa sekaligus menikmati pemandangan pusat bersejarah kota Praha hanya dengan duduk manis :)

Wisata Pesiar + dessert selama 1 jam (PPS)
Lama tur: 50 menit 
Harga tiket: 
Dewasa 340 Czech Koruna 
Anak-anak 220 Czech Koruna 
Jam Keberangkatan:
Setiap hari, setiap pkl 11.00, 14.00, 16.00 
Booking via email: pps@paroplavba.cz

Wisata Pesiar + dessert selama 2 jam (PPS)
Lama tur: 120 menit 
Harga tiket: 
Dewasa 450 Czech Koruna
Anak-anak 290 Czech Koruna 
Jam Keberangkatan: 
21 Maret – 2 November: Setiap hari, setiap pkl 15.00 dan 16.30 
23 Desember – 20 Maret: Setiap hari, setiap pkl 15.00 
Booking via email: pps@paroplavba.cz

Wisata Pesiar + kue + minuman selama 1,5 jam (PPS)
Selain wisata pesiar + dessert, ada juga varian wisata pesiar plus minuman dan kue kecil.
Lama tur: 90 menit 
Harga tiket: 
Dewasa 360 Czech Koruna 
Anak-anak 190 Czech Koruna 
Jam Keberangkatan:
12 Maret – 3 November: Setiap hari, setiap Pkl 15.30 dan 17.00 
4 November – 11 Maret: Setiap hari, setiap pkl 16.00 
Booking via email: pps@paroplavba.cz

6. Wisata Pesiar + Makan Siang 

Best Prague lunch cruise

Pilihan tur wisata ini cocok bagi Anda yang suka “menyelam sambil minum air” :D. Berwisata pesiar sambil makan siang. Tersedia berbagai pilihan menu mengugah selera yang bisa Anda ambil sendiri, puls live music! 

Lama tur: 120 menit 
Harga tiket: 
Dewasa: 690 Czech Koruna 
Anak-anak: 380 Czech Koruna 
Jam Keberangkatan:
15 Maret – 3 November: Setiap hari, setiap pkl 12.00 
5 November – 14 Maret: Setai Jumat, Sabtu, dan Minggu, Pkl 12.00
(Dapatkan diskon 10% dengan bayar dan booking online di sini) 

7. Wisata Pesiar + Dinner (Prague by Night) 

best Prague dinner cruise

Bagi yang ingin makan malam romantis atau ingin merayakan acara spesial entah dengan teman, pasangan, atau keluarga, dinner di kapal pesiar bisa menjadi pilihan. Tak hanya santapan lezat yang tersaji, namun juga pemandangan malam kota Praha yang menawan, plus live music!

Lama tur: 3 jam 
Harga tiket: 
Dewasa 890 Czech Koruna 
Anak-anak 500 Czech Koruna 
(Dapatkan diskon 10% dengan bayar dan booking online di sini) 
Jam Keberangkatan: Setiap hari, setiap pkl 19.00 
(Malam Natal dan Tahun Baru tidak beroperasi) 


Note:
* EVD:
Alamat dan tempat keberangkatan: Dvořák Embankment (Dvořákovo nábřeží), tepat dibawah Čechův most (Bohemia Bridge/Cech's Brdge) dekat hotel Intercontinental, Old Town (Staré Město). Perahu berangkat dari dermaga/pier/platform no.3.
Transportasi: Naik tram jalur 17
* PPS:
Alamat dan tempat keberangkatan: Rašínovo nábřeží 2 quay, New Town (Nove Město)
Transportasi: Naik metro ke Karlovo Náměstí 

0 komentar

Posting Komentar