24 Juni 2018

Masjid di Indonesia yang Mirip Bangunan Islam Terkenal di Dunia

Sekarang masih di bulan Ramadhan, kali ini tempat wisata keren akan kembali menulis mengenai mesjid-mesjid di Indonesia. Indonesia memiliki banyak mesjid yang indah dan megah diantaranya memiliki arsitektur yang mirip dengan bangunan Islam terkenal di dunia.


Berikut mesjid di Indonesia yang mirip bangunan Islam terkenal di dunia:

Masjid Al Irsyad dengan Kakbah



Masjid Al Irsyad, Bandung  terinspirasi oleh Kabah di Masjidil Haram, Mekkah. Sebenarnya dianggap  mirip Kabah karena berbentuk kubus tapi secara keseluruhan arsitektur Masjid Al Irsyad tidak sama dengan bangunan kabah.

Masjid Raya Al-Azhom dengan Mesjid Biru Turki



Mesjid Raya Al-Azhom di Tangerang ini sekilas mirip dengan Mesjid Sultan Ahmed  (Blue Mosque) di Turki. Masjid Raya Al-Azhom dikenal dengan kubahnya yang berukuran besar dengan desain kubah bertumpuk.

Masjid Agung Jawa Tengah dengan Mesjid Nabawi



Masjid Agung Jawa Tengah kalau bangunannya tidaklah mirip dengan mesjid Nabawi. Namun Mesjid Agung Jawa tengah ini pada bagian plasa masjid nya terdapat  enam payung raksasa yang dapat dibuka dan ditutup otomatis mirip dengan yang ada pada pelataran masjid Nabawi di Madinah.

Masjid Muhammad Cheng Ho  dengan Masjid Niu Jie



Masjid Muhammad Cheng Ho terletak di Surabaya. Arsitektur Masjid Cheng Ho diilhami Masjid Niu Jie (Ox Street) di Beijing. Mesjid ini diberi nama Cheng Ho karena merupakan bentuk penghormatan pada Cheng Ho, Laksamana asal Cina yang beragama Islam.

Masjid Agung An Nur dengan Taj Mahal



Masjid Agung An Nur yang terletak di Pekanbaru ini disebut sebagai Taj Mahalnya propinsi Riau. Sekilas mesjid ini memang mirip Taj Mahal apalagi mesjid ini memiliki kolam yang mirip dengan Taj Mahal. Bentuk menara masjidnya pun hampir mirip. Berbeda dengan Taj Mahal yang sebenarnya bukan mesjid,  Masjid Agung An Nur merupakan mesjid sebagai tempat ibadah umat Islam.

0 komentar

Posting Komentar